Monday, December 6, 2010

Bab 5 : Membuat Hompage Sederhana

A.MENENTUKAN PERANGKAT LUNAK UNTUK MEMBUAT HOMEPAGE

Membuat homepage harus mengetahui beberapa hal yang harus diperhatikan yaitu sebagai berikut :

1.Tujuan dibuatnya homepage, apa sebenarnya yang menjadi tujuan utama dari pembuatan homepage harus jelas.

2.Siapa yang menjadi target untuk melihat homepage yang kita buat.

3. Klasifikasikan informasi yang akan ditampilkan dalam homepage.

4.Hasil klasifikasi informasi yang akan mewakili satu halaman homepage.

5.Buat sebuah scenario dari setiap hasil klasifikasi tersebt agar informasi yang akan ditampilkan benar-bena jelas atau tidak mangambang.

Terdapat juga criteria tools atau alat Bantu yang dapat digunakan untuk t, all program, Microsoft FrontPage.
membantu pengenbngn homepage, yaitu editor HTML, graphics, da multimedia animasi dan suara.

1.Editor HTML

Editor HTML digunakan untuk mendesain homepage dan komponen-
Komponennya. Selain itu seditorHTML juga digunakan untuk menggabungkan gambar, suara dan animasi yang telah dibuat dalam suatu halaman homepage. Editor HTML yang bersifat graphical user interface, akan mengurangi waktu kita dalam proses penulisan sintaks.

2.Editor Graphics
Editor grafis dgunakan untuk mengedit gambar yang akan ditampilkan pada homepage. Kita dapat memodifikasi warna, memotong gabar, memperbesar atau memperkecil gambar. Terdapat beberapa editor grafik yang sering digunakan dan popular yaitu CorelDRAW dan Adobe Photoshop.

3.Editor Multimedia Animasi dan Suara.

Editor multimedia digunakan untuk membuat animasi gambar dan suara. Terdapat suatu editor animasi yang paling popular yaitu, Macromedia Flash tidak hanya digunakan untuk membuat animasi gambar dan suara, tetapi juga untuk membuat suatu homepage multimedia.

B.MENENTUKAN LAYOUT HOMEPAGE YANG DIINGINKAN

Layout atau frame merupakan bentuk format navigasi dari homepage yang akan ditampilkan. Terdapat beberapa layout halaman homepage yang dapat kita gunakan dan tersedia pada Microsoft FrontPage XP.Kita tidak perlu membuat layout yg rumit yg akan membuat pengaksesan homepage lamban.

Layout atau frame merupakan bentuk format navigasi dari homepage yang akan ditampilkan.
Untuk melihat dan memilih jenis layout yang tersedia dalam Microsoft FrontPage XP, dapat dilakukan pada saat akan membuat halaman atau website baru. Langkah-langkah untuk melakukannya , yaitu sebagai berikut.
1. Pilih tombol start, all program, Microsoft FrontPage.
2. Pilih menu file, new, page or web.
3. Pilih Page Templates pada bagian New From template dari takspane New Page or web.
4. Pilih tab Frames Pages
5. Pilih jenis frame yang kamu inginkan lalu kli OK.


C.MENERAPKAN HYPERLINK


Hyperlink digunakan sebagai alat navigasi halaman pada homepge. Terdapat banyak informasi yang tidak dapat dijelaskan dalam satu halaman homepage secara keseluruhan. Cukup dengan menggunakan hyperlink, kita dapat menuju ke informasi yang akan kita akses pada page yang lain.

Langkah-langkah membuat hyperlink menggunakan Microsoft FrontPage, yaitu sebagai berikut.

1. Aktifkan aplikasi Microsoft FrontPage XP,

2. Buat tulisan “link ke halaman lain”

3. Blok tulisan “Link ke halaman lain” dengan cara men-drag tombol kiri mouse.

4. Tekan tombol pada Ctrl + K pada keyboard sehinnga akan ditampilkan kotak dialog Insert Hyperlink.

5. Setelah file disimpan dan dijalankan, ketika kita klk “Link ke halaman lain” maka akan membuka halaman tujuan link tersebut.

D.MENERAPKAN CASCADING STYLE SHEET

Fungsi utama CSS adalah untuk melakukan pengaturan beberapa format, yaitu:

1. bentuk huruf
2. ukuran huruf
3. format huruf
4. warna huruf
5. warna background
6. warna hyperlink
7. format textbox

Beberapa CSS yang telah terseda dalam Micosoft FrontPage XP, dapat diakses dengan menggunakan langkah-langkah di bawah ini.

1. Aktifkan Microsoft FrontPage XP,

2. Pilih menu file, new, page or web

3. Pilih page Templates pada bagian New From template

4. Pilih tab Style Sheets

5. Pilih jenis Style sheet yang kamu inginkan lalu klik OK


Membuat CSS yang selanjutnya akan kita aplikasikan pada salah satu page HTML.

1. Aktifkan Microsoft FrontPage XP,

2. Pilih menu File, New, Page or Web

3. Pili page Templates pada bagian New From remplate

4. Pilih tab Style Sheet

5. Pilih jenis Arcs kemudian tekan tombol OK

6. Pilih File, Save

7. Ketikkan SMUKU padakotak dialog File name kotak dialog Save As kemudian tekan tombol Save.


E.MEMBUAT APLIKASI DALAM SISTEM YANG TERINTEGRASI

* Untuk membuat sebuah situs Hompage, diperlukan sebuah scenario yang sederhana. Fungsi dari scenario tersebut yaitu untuk memandu kita dalam menentiukan apa saja yang dapat dilakukan oleh suatu halaman atau website. Jika mengambang.


*Menentukan Directory Lokasi kerja.
Directory tempat kitamenyimpan file-file hasil kerja juga harus dipersiapkan dengan baik dan terorganosir. Pada satu directory , sebaiknya tidaak terdapat beberapa pekerjaan yang berbeda fungsi.


*Membuat halaman pada Homepage
Homepage yang akan kita buat terdiri dari 4 halaman. Setiap halaman memperlihatkan tampilan yang berbeda sesuai dengan fungsinya msing-masing.


1. Membuat halaman 1
2. Membuat halaman 2
3. Membuat halaman 3
4. Membuat halaman 4

F.MEMBUAT GRAFIS SESUAI DENGAN HOMEPAGE YANG DIINGINKAN
1. Aktifkan Adobe Photoshop
2. klik New
3. Maka muncul lembar baru
4. Pilih Rectangle Tool untuk memblok dan pilih warna di bagian Set foreground color
5. Beri efek texturizer ,pilih sesuai keinginan
6. Ganti warna dengan biru tua dengan Set foreground color
7. Buat tulisannya,dan edit sesuai keinginan
8. Simpan gambar dengan format GIF

G.MENDAFTARKAN ALAMAT DOMAIN KE PROVIDER WEB HOSTING

Untuk mempublikasikan homepage yg dibuat melalui internet,kita perlu mempunyai alamat di internet yg disebut domain.Untuk mendapatkannya kita harus membeli domain tsb.Nama domain sangat spesifik dan unik.Untuk dapat nama yg sama kita harus punya ekstension domain yang berbeda.

Langkah-langkah mendaftarkan alamat domain ke provider web hosting

1.Masuk ke situs web penjual web domain yang memiliki servis dan support yang baik seperti www.idwebhost.com, www.singcat.com, www.indohoster.com, dsb.

2.Daftar user baru pengguna situs tersebut.

3.Cari kotak isian yang berfungsi untuk mancari status domain apakah masih bisa didaftarkan atau sudah didaftarkan orang lain. Isi dengan domain yang anda ingin tahu ketersediaannya. Contoh masukkan abc.com, jika masih available berarti anda bisa mendaftarkan domain tersebut, namun jika tidak bisa maka anda bisa mencoba mencari alternatif domain lain atau membeli domain akhiran lain.

4.Daftarkan domain yang tersedia / available tersebut dengan mengisi berbagai form isian untuk data konfigurasi, alamat, dan lain-lain.

5.Lakukan pembayaran sesuai prosedur yang dapat dilayani oleh masing-masing penjual domain. Contohnya adalah seperti melakukan transfer rekening-rekening bank.

6.Konfirmasi pembayaran bahwa anda telah melakukan perbayaran atas domain yang anda daftarkan tadi melalui form isian, yahoo instant messenger, email, sms, dan lain sebagainya sesuai ketentuan penjual domainnya.

7.Jika semua lancar dan berjalan mulus, maka anda sudah dapat menggunakan domain anda dalam beberapa saat. Biasanya akan ada kiriman email yang mengkonfirmasi domain anda sudah bisa digunakan.

8.Setting name server domain tersebut agas merujuk ke server webhosting anda. name server berbentuk alamat situs dengan awalan subdomain ns1, ns2, dan sebagainya. Urutan dns name server berpengaruh karena ketika ns1 down, maka kita dialihkan ke ns2.

9.Selanjutnya anda harus memiliki account web hosting untuk dapat segera membuat situs. Dari account webhosting inilah anda mendapatkan domain name server atau dns. Setting tambah domain addon atau parked dengan domain baru anda pada control panel yang ada. Kemudian anda sudah bisa mulai membuat situs anda.

10.Jangan lupa memperpanjang masa aktif domain anda setiap 11 bulan sekali agar tidak terlewat. Agar orang tidak mengambil alih domain tersebut.

H.MELAKUKAN UPLOAD

Kita akan mempelajari cara upload dokumen yang tlh kita buat di komputer dengan internet.Hal ini membutuhkan tempat untuk menyimpan dan menampilkan data di internet.

Mempelajari cara melakukan upload dokumen yang telah kita buat dalam computer kita ke internet. Hal ini diburuhkan temoat untuk menyimpan dan menampilkan data di internet. Untuk lebih mudah memahami cara melakukan upload dan perbaikan data homepage., kita guakan fasilitas gratisdari yahoo dengan alamat http://www.yahoo.com

I.MEMPERBAIKI DAN MEREVISI DATA YANG SUDAH ADA

Web yang telah di publikasikan si internet perlu untuk di perbaiki dan di revisi secara berkala untuk menjaga sajian informasi yang aktual dan terpercaya .

No comments:

Post a Comment