Friday, November 12, 2010

Laporan TiK bab 1-4

BAB 4

MENCARI INFORMASI DAN BERKOMUNIKASI MELALUI INTERNET

A. Menggunakan Pelayanan Internet dalam Akses Informasi dan Komunikasi untuk Menyelesaikan Tugas-tugas yang Diberikan oleh Guru


1. Melakukan pencarian Informasi Menggunakan Situs sesuai dengan Mata pelajaran
a. www.chem-is-try.org membahas mengenai ilmu kimia
b. www.ilmukomputer.com membahas tentang ilmu komputer
c. www.fisika.lipi.go.id membahas mengenai ilmu pengetahuan
d. www.invir.com berisi contoh soal ujian atau ebtanas
2. Melakukan pencarian Informasi Menggunakan Search Engine
Dalam pembahasan ini,kita akan menggunakan Google untuk melakukan pencarian, langkah-langkahnya sebagai berikut ;
1. Jalankan browser kamu,ketikkan www.google.co.id lalu enter
2. Setelah halaman depan terbuka,masukan kata kunci pada kotak.
3. Misal mengenai majalah komputer, ketik majalah komputer lalu enter

3. Fasilitas Khusus pada Google
Misal kamu ingin melakukan pencarian Portable Document Format (PDF) mengenai majalah komputer. Kamu ingin afar Google melakukan pencarian secara tepat serta hanya mencari di halaman web yang berbahasa Indonesia. Langkah-langkahnya sebagai berikut ;
1. Jalankan browser dan ketik www.google.co.id pada address bar lalu enter
2. Klik hyperlink bertuliskan Pencarian Khusus –perhatikan bahwa semua hasil pencarian yang muncul berupa format PDF
3. Trik Pencarian Melalui Google
a. Simbol Matematika (Tanda Plus (+))
Tanda plus bekerja apabila kamu ingin mencari berbagai dokumen yang mempunyai lebih dari satu kata kunci. Misal ingin mencari nama nama pemain bola Italia pada Piala Dunia 2006, kata kuncinya :

+italia+football+player+name+world+cup+2006

Tanda plus dapat digunakan sebanyak banyaknya. Semakin banyak tanda plus maka semakin spesifik sebuah pencarian

b. Simbol Matematika (Tanda Minus(-))
Simbol ini dapat diartikan ‘kecuali’ yang bekerja jika kamu tidak ingin menampilkan dokumen yang berisi kata yang terdapat di belakang tanda minus.

c. Tanda Kutip (“)
Jika kamu hanya ingin memperoleh halaman web yang mengandung katamajalah komputer maka ikuti langkah-langkah berikut;
1. Buka www.google.co.id, ketikkan kata kunci pencarian dengan ditambahkan tanda petik di awal dan di akhir kata kunci pencarian
2. Tekan enter
3. Bandingkan hasil yang diperoleh menggunakan cara ini dengan pencarian tanpa menambahkan tanda petik.
d. Tanda (~)
Penggunaan sinonim dapat dilakukan dengan menambahkan tanda (~) di depan istilah yang kamu cari. Misal kamu menggunakan tanda (~) di depan kata kunci toko buku intelek maka selain menampilkan dokumen yag mengandung kata ‘toko buku intelek’, google juga akan menampilkan file yang mengandung kata-kata seperti ‘toko’ atau ‘buku’

e. Operasi Boolean (OR)
Operasi OR biasa diartikan ‘atau’. Dengan mengetikkan kata yang kamu hubungkan dengan kata OR,hasil pencarian Google akan menampilkan dokumen yang berisi salah satu dari kata yang kamu masukkan. Misal kata kuncinya ‘komputer OR matematika’


B. Penggunaan Layanan Chatting untuk Berkomunikasi
CHAT merupakan kependekan dari Conversational Hypertext Access Technology,yaitu suatu sistem yang dapat digunakan untuk berkomunikasi dengan pengguna Internet di seluruh dunia secara real-time dan online. Kamu dapat berinteraksi langsung melalui e-mail atau group atau chatting. Salah satu program untuk chatting adalah mIRC. mIRC menyediakan antarmuka yang mudah digunakan untuk dapat berhubungan dengan jaringan IRC (virtual). Kamu dapat memperoleh program ini di http://www.mirc.com
Untuk melakukan chatting dengan menggunakan mIRC ikuti langkah-langkah berikut:
1. Jalankan program mIRC,setelah muncul jendelanya klik Continue
2. Lalu akan muncul mIRC options masukkan nama dan alamat e-mail kamu
3. Klik Vconnect To Server,pilih Channel


C. Penggunaan Mailing List di YahooGroups untuk berkomunikasi

1. Membuat mailing list’
a. Jalankan browser, buka situs yahoogroups di http://groups.yahoo.com
b. Klik sign uin dan lakukan login
c. Klik create a group,klik salah satu kategori
d. Klik link internet,kli tombol place my group here
e. Ketikan nama milis kamu,deskripsikan singkat tenteng milis kamu kemudian klik Continue
f. Krtikkan huruf ke dalam kotak Words Verification lalu continue
g. Klik Customize Your Group-klik invite people to join

2. Berkirim e-mail menggunakan mailing list
a. Buka account e-mail kamu,ketikkan alamat milis kamu di kotak To
b.klik tombol send setiap milis akan menerima kiriman e-mail.
 
 

BAB 3 - MENGGUNAKAN E-MAIL UNTUK KOMUNIKASI

A. Mendeskripsikan Fungsi E-mail Sebagai Alat Komunikasi



1. Penggunaan Internet untuk Komunikasi (e-mail)

E-mail (Electronic Mail) merupakan salah satu fasilitas tertua dalam penggunaan Internet. E-mail merupakan fasilitas Internet yang paling banyak dimanfaatkan oleh pengguna. Setiap hari hampirjutaan pesan dikirimkan ke segala tujuan. Salah satu alasan disebarluaskannya penggunaan Internet sebagai jaringan komputer internasional adalah karena fleksibilitas dari berbagai jenis komputer yang dapat terhubung dengan Internet. Terdapat dua jenis layanan e-mail, yaitu sebagai berikut.

1.E-mail yang berbasis web

Pada e-mail jenis ini, seluruh aktivitas mengirim atau menerima e-mail dilakukan melalui sebuah situs yang disebut dengan web mail Setiap kali akan menggunakan e-mail, pengguna hams terhubung terlebih dahulu dengan Internet. Beberapa web mail penyedia layanan Internet gratis sudah banyak tersedia di Internet, misalnya TelkomNet Mail, Yahoo Mail, Hotmail.

2.E-mail yang berbasis client

Dibutuhkan sebuah perangkat lunak apabila akan menggunakan e-mail pada e-mail jenis ini, misalnya Eudora atau Microsoft Outlook. Fasilitas yang disediakan perangkat lunak tersebut, antara lain fasilitas untuk menulis dan mengolah e-mail tanpa harus terhubung dengan Internet.
2. Fungsi E-mail sebagai Alat Komunikasi

E-mail berasal dari kata electronic mail. E-mail atau surat elektronik adalah suatu cara untuk mengirimkan pesan dalam format data elektronik dari satu komputer ke komputer lainnya. E-mail merupakan alat komunikasi yang mudah, murah, dan cepat.
E-mail juga dapat digunakan untuk mengirimkan surat atau ucapan selamat kepada keluarga di kampung halaman atau di luar negeri. Dalam bidang bisnis, e-mail sudah digunakan untuk melakukan kesepakatan bisnis atau mengirimkan dokumen penting.
Selain memberikan banyak manfaat kepada para penggunanya, e-mail juga mempunyai dampak negatif. Misalnya, sebagai alat penyebaran virus komputer dan alat komunikasi orang yang mempunyai tujuan buruk lainnya, seperti para teroris yang menggunakan e-mail untuk menghubungi anggotanya di belahan dunia lain untuk melakukan rencana jahat mereka.

Terdapat banyak cara untuk mendapatkan e-mail, diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Melalui penyedia e-mail gratis
2. Undangan dari teman
3. Dari Internet Service Provider (ISP)
4. Dari perusahaan
5. Memesan sendiri
B.Mendeskripsikan Persamaan dan Perbedaan Mailbox di Kantor Pos (Fisik) yang Merniliki Identitas dan Kunci dengan Mailbox E-Mail (Logik) yang Memiliki User ID dan Password
Surat merupakan salah satu alat komunikasi yang sudah lama kita kenal, Mengirim surat dengan menggunakan metode konvensional, selain memerlukan kertas dan perangko, proses pengiriman juga memerlukan waktu yang relatif lama, yaitu mulai dari kamu menulis surat, mengirim surat yang telah kamu tulis ke kantor pos yang terdekat dari rumahmu dengan menyertakan alamat yang kamu tuju. Dari kantor pos tersebut akan dikirimkan ke kantor pos yang terdekat dengan alamat yang dituju dan akhirnya sampai ke alamat tujuan. Selanjutnya, penerima akan membuka kotak pos yang terdapat di depan rumah. Dalam kasus ini, penguim tidak tahu apakah orang yang dituju sudah menerima surat tersebut atau belum, sampai pengirim menerima surat balasan.

Pengguna e-mail memiliki sebuah kotak surat yang disebut dengan mailbox yang tersimpan dalam mailserver. Untuk dapat membuka mailbox, pengguna harus memasukkan user ID dan kata kunci (password). Mailbox memiliki sebuah alamat sebagai pengenal agar dapat berhubungan dengan mailbox lainnya, baik dalam penerimaan dan pengiriman pesan. Pesan yang diterima akan disimpan dalam mailbox, selanjutnya pemilik mailbox sewaktu-waktu dapat melakukan pengecekan isi, membaca, menjawab, menghapus, dan mengirim pesan (e-mail).
C. Menggunakan Alamat Tujuan dan Subjek Untuk Membuat E-mail

Hal yang harus diketahui sebelum mengirim e-mail ke seseorang adalah alamat e-mail dari orang tersebut. Jika kamu tidak mempunyai alamat e-mail maka proses pengiriman e-mail tidak akan pernah terjadi. Alamat e-mail bersifat unik sehingga tidak mungkin dua orang yang berbeda memiliki alamat e-mail yang sama. membuat e-mail, kamu harus terlebih dahulu mendaftarkan diri ke penyedia layanan e-mail.Seperti yang telah disebutkan sebelumnya,terdapat banyak penyedia layanan e-mail,antara lain sebagai berikut.

•Yahoo!, layanan dari Yahoo! yang beralamat di mail.yahoo.com
•Gmail, layanan dari Google yang beralamat di mail.gmail.com
•Hotmail, layanan dari Microsoft yang beralamat di www.hotmail.com
•Plasa, layanan dari Telkom yang beralamat di www.plasa.com
Salah satu cara untuk mendapatkan e-mail adalah melalui penyedia layanan e-mail gratis. Penyedia layanan e-mail tersebut pada umumnya mensyaratkan pengguna untuk melakukan registrasi terlebih dahulu. Registrasi ini akan mengumpulkan data-data pengguna, antara lain nama yang digunakan pada saat login (User ID), password, data diri pengguna (user), pekerjaan, kegemaran, pendapatan, siklus pemakaian Internet, serta informasi lain yang dibutuhkan. Setelah mengisi form pendaftaran, maka user akan mendapatkan nama login dan password.

Nama login atau alamat e-mail pada umumnya terdiri atas dua bagian utama, yaitu nama mailbox dan nama komputer di mana mailbox tersebut berada. Mailserver merupakan komputer tempat meletakkan mailbox, sedangkan setiap pengguna e-mail dapat kita sebut sebagai client. Format penulisan alamat e-mail dapat dituliskan sebagai berikut.

namamailbox@namamailserver
Beberapa pengguna e-mail dapat membentuk kelompok yang diwakili oleh sebuah alamat e-mail. Setiap e-mail yang ditujukan ke alamat e-mail kelompok, secara otomatis akan diteruskan ke alamat e-mail seluruh anggota kelompok. Kelompok semacam ini di sebut dengan milis (mailing list). Tujuan dibuatnya sebuah milis adalah atas dasar kesamaan minat atau kepentingan dan biasanya dimanfaatkan untuk keperluan diskusi atau pertukaran informasi di antara para anggotanya. Salah satu server milis yang cukup banyak digunakan saat ini adalah Yahoogroups (http:/ /mail.yahoogroups.com/).
1. Melakukan Pendaftaran di Yahoo Mail

Dalam pembahasan ini, kita akan melakukan pendaftaran ke Yahoo/ untuk mendapatkan layanan yang disediakan oleh mail.yahoo.com. Yahoo!Mail merupakan salah satu web paling populer di masyarakat. Layanan e-mail, baik secara gratis maupun komersial disediakan oleh Yahoo! Mail. Situs ini menyediakan kapasitas layanan e-mail gratis sampai 1 GigaByte{\ GB).

2. Menggunakan Yahoo!Mail

Setelah kamu memperoleh e-mail, kamu dapat menggunakannya untuk mengirim surat atau kartu ke teman-temanmu. Untuk menggunakan email tersebut,ikuti langkah berikut :

1. Klik tombol start, lalu pilih browser, misalnya Internet Explorer.

2. Buka situs Yahoo! Mail di http://mail.yahoo.com, dtngan cara mengetikkan alamat tersebut di kotak
address. Isi Yahoo ID dan password yang kamu miliki pada bagian Sign In .

3. Jika kamu ingin mengetahui apakah terdapat pesan atau tidak, kamu cukup melihat dan mengklik tulisan
Inbox. Jika terlihat angka satu (1) maka pesan yang kamu terima sebanyak satu buah surat. Dalam tampilan login, selain terdapat kotak surat (Inbox) j uga terdapat draft, surat yang telah dikirim (Sent), surat yang terkena spam (Bulk), dan surat yang telah dihapus (Trash).

4.Klik salah satu subjek e-mail yang akan kamu baca , sehingga halaman e-mail yang akan kamu baca akan terbuka
D. Melakukan Attachment File dalam E-mail

1. M.engirim E-mail
Salah satu fasilitas lain yang disediakan oleh Yahoo! Mail adalah fasilitas untuk mengirim e-mail. Cara yang digunakan untuk mengirim pesan adalah sebagai berikut.

1. Langkah 1 sampai langkah 2 sama dengan cara menggunakan e-mail seperti yang telah dijelaskan sebelumnya.

2. Klik ikon Compose.

3. Selanjutnya, akan muncul halaman Compose.

4. Pada kotak To, ketikkan alamat e-mail penerima dan pada kotak Subject ketikkan dengan perihal atau judul dari e-mail yang akan kamu kirimkan. Tulis judul e-mail dengan pendek dan jelas.
5. Pada kotak Cc (Carbon copy), isikan dengan alamat tujuan lain yang mendapat tembusan e-mail. Alamat e-mail ini akan ditampilkan pada e-mail penerima sehingga penerima tahu siapa saja yang menerima e-mail.

6. Pada kotak Bcc (Blind carbon copy), isi dengan alamat tujuan lain yang mendapatkan tembusan e-mail, tetapi alamat ini tidak ditampilkan di sisi penerima sehingga penerima e-mail tidak mengetahui siapa saja yang menerima e-mail'ini. Kolom ini dapat dikosongkan apabila kamu tidak menginginkan orang lain menerimanya. Untuk memunculkan kotak Cc dan Bcc, pada bagian Options - General Preferences - pilih Always show as fields.

7. Selanjutnya, ketik isi e-mail yang ingin kamu kirimkan pada kotak editor.

8. Klik tombol Send untuk mengirimkan e-mail.

9. Selanjutnya, akan muncul halaman konfirmasi pengiriman e-mail kamu

10.Klik Back to Inbox untuk kembali ke kotak surat(inbox).
2. Mengirim Attachment File dalam E-mail

Ketika melakukan pengiriman e-mail, selain bentuk teks kamu juga dapat mengirimkan atau menyertakan lampiran lain berupa file atau dokumen melalui e-mail dengan menggunakan fasilitas attachment. Jika kamu ingin mengirimkan sekaligus di dalam pesan e-mail yang akan kamu kirimkan, kamu dapat melakukannya menggunakan langkah-langkah berikut.

1. Setelah kamu menuliskan pesan di kotak teks editor, langkah selanjutnya klik tombol Attach Files.

2. Selanjutnya, akan ditampilkan kotak dialog Attach Files. Pilih file yang akan kamu sertakan dengan cara mengklik tombol Browse. Nama file yang kamu pilih akan rrmncul pada File 1 dan File 2.

3. Klik Attach Files.

4. Selanjutnya, akan ditampilkan kotak proses pengambilan file (Attach Files).

5. Jika proses pengambilan berhasil maka akan muncul tampilan. Setelah itu, klik
tombol Continue to Message. Selanjutnya, tampilan akan kembali ke halaman e-mail. Pastikan terlebih dahulu nama file yang akan kamu lampirkan muncul di atas tombol Attach Files


6. Klik tombol Send untuk mengirim e-mail beserta lampiran. Tunggu sampai layar menunjukkan bahwa e-mail-mu telah terkirim.
E. Melakukan Reply dan Forward

Jika kamu mendapatkan sebuah e-mail dari temanmu dan setelah kamu membacanya, mungkin kamu ingin membalas e-mail tersebut atau kamu ingin mengirimkannya ke teman kamu yang lain. Kegiatan tersebut disebut dengan istilah Reply dan Forward. Reply dan Forward merupakan dua istilah yang cukup populer dalam mengatur e-mail. Reply adalah fasilitas untuk membalas e-mail ke alamat e-mail si pengirim. Berikut ini langkah-langkah untuk melakukan Reply :

1. Buka surat yang terdapat di kotak surat

2. Klik tombol Replay
3. Klik tombol Attach Files, jika kamu ingin menyertakan file atau dokumen lain.

4. Klik tombol Send
5. Klik Back to Message untuk kembali ke kotak surat

2. Melakukan Forward E-mail

Forward adalah fasilitas untuk meneruskan e-mail yang kamu terima ke alamat e-mail lain selain alamat si pengirim. Langkah-langkah untuk melakukan Forward adalah sebagai berikut :

1. Buka surat yang terdapat di kotak surat (inbox).

2. Klik tombol Forward
3. Tuliskan alamat e-mail tujuan pada kotak isian To.

4. Klik Send
5. Klik back to Message untuk kembali ke kotak surat.
F. Mengelola E-mail

E-mail yang kamu miliki dapat kamu kelola sendiri. Pengelolaan e-mail berarti kamu dapat menghapus e-mail,mengosongkan folder,atau memindahkan e-mail ke folder khusus yang sesuai dengan kategori yang kamu inginkan.E-mail yang sudah memenuhi inbox dan melewati batas memori yang ditetapkan akan menyulitkan kamu ketika akan menghapus e-mail tersebut. Untuk menghapus e-mail yang sudah tidak kamu perlukan, kamu dapat menggunakan cara berikut.

1. Buka kotak surat kamu (inbox).

2. Pilih e-mail yang ingin kamu hapus.

3. Klik pada bagian sebelah kiri Sender, sampai muncul tanda check list.

4. Klik tombol Delete makefile yang kamu pilih akan terhapus.

Jika terdapat e-mail yang masuk ke folder bulk sebaiknya kamu menghapus e-mail tersebut karena biasanya e-mail tersebut merupakan e-mail sampah {spam). Untuk menghapus e-mail sampah kamu dapat menggunakan cara berikut.

1. Pada bagian Folders -> pilih Bulk.
2. Langkah selanjutnya sama dengan langkah 2 sampai 4 pada saat kamu menghapus e-mail.
 
 
BAB 2Menggunakan Internet Untuk Memperoleh Informasi


A. MENDESKRIPSIKAN PELAYANAN WORLD WIDE WEB (WWW) SEBAGAI SUMBER INFORMASI

Untuk proses pencarian dan menemukan suatu informasi, kita dapat menggunakan mesin pencari yang dikenal dengan istilah search engine. Search engine merupakan sebuah situs khusus yang diracang untuk menyimpan katalog serta menyusun daftar alamat tersebut berdasarkan topik tertentu.




















Sumber daya Internet yang umum digunakan saat ini, yaitu e-mail, World Wide Web (WWW), FTP, Mailing List dan Telnet.
WWW (World Wide Web), merupakan kumpulan web server dari seluruh dunia berfungsi menyediakan data dan informasi untuk dapat digunakan bersama.WWW atau biasa disebut web adalah bagian yang paling menarik dari Internet. Melalui web, dapat mengakses informasi-informasi yang tidak hanya berupa teks tetapi bisa juga berupa gambar, suara, video dan animasi.

Dokumen-dokumen informasi ini disimpan atau dibuat dengan format HTML (Hypertext Markup Language).Suatu halaman dokumen informasi dapat terdiri atas teks yang saling terkait dengan teks lainnya atau bahkan dengan dokumen lain. Keterkaitan halaman lewat teks ini disebut hypertext. Dokumen infomasi ini tidak hanya terdiri dari teks tetapi dapat juga berupa gambar, mengandung suara bahkan klip video. Kaitan antar-dokumen yang seperti itu biasa disebut hypermedia.

Saat ini, Internet dapat memberikan manfaat pada hampir semua bidang kehidupan. Berikut ini beberapa bidang yang mendapatkan manfaat dari penggunaan Internet

• Bidang akademis
Internet dapat digunakan untuk mempublikasikan bermacam-macam referensi, jurnal, maupun hasil penelitian. Selain itu, Internet juga dapat digunakan sebagai bahan untuk mengerjakan tugas-tugas sekolah.

• Bidang ekonomi dan bisnis
Kegiatan bisnis dapat dilakukan secara lintas negara dimana pelakunya tidak perlu bepergian ke tempat dimana rekan bisnisnya berada. Hal ini disebabkan karena adanya e-Commerce.

• Bidang keagamaan
Initernet dapat dimanfaatkan untuk sarana dakwah maupun diskusi-diskusi keagamaan. Kegiatan pengumpulan zakat dan infak juga dapat dilaksanakan secara cepat.

• Bidang sosial
Internet memberikan banyak kesempatan untuk kamu yang mempunyai hobi bersosialisasi, contohnya dengan menggunakan e-mail atau chatroom.

• Bidang komunikasi
Kehadiran teknologi VoIP (Voice over Internet Protocol) memberikan manfaat yang sangat besar, yaitu pengguna telepon tidak perlu mengeluarkan banyak biaya sambungan internasionalyang sangat mahal untuk menghubungi rekan bisnis maupun keluarga di luar negeri.

• Bidang hiburan
Internet menyediakan banyak hiburan untuk penggunanya. Kamu dapat bermain game secara online atau dapat mendownload game yang kamu suka. Kamu juga bisa mendapatkan lagu-lagu atau video klip dengan mudah.


B. MENGGUNAKAN MENU DAN FASILITAS PADA WEB BROWSER UNTUK MENGAKSES WEBSITE

Fasilitas utama yang dimiliki oleh berbagai browser pada umumnya adalah sama, yaitu penyediaan layanan navigasi. Terdapat enam bagian informasi yang ditampilkan pada jendela browser.

1. Title bar
Merupakan judul dari halaman yang sedang dibuka.Title bar ini berada pada pada baris paling atas dari jendela browser.

2. Menu bar
Berisi menu-menu utama browser, yaitu menu File, Edit, View, Favorites, Tools, Help. Di dalam menu-menu tersebut terdapat juga beberapa submenu yang lain.

3. Toolbar
Merupakan tombol-tombol standar yang sering digunakan pada saat browsing dan sebagai jalan pintas (shortcut) untuk mengakses menu-menu yang ada dalam bentuk button.

4. Address bar
Berfungsi untuk menunjukkan atau menuliskan alamat situs atau halaman web yang ingin ditampilkan.

5. Workspace
Merupakan ruang untuk menampilkan informasi dari halaman yang sedang kamu kunjungi. Pada bagian ini juga terdapat tempat untuk melakukan scrolling (menggeser atau menggulung) halaman.

6. Status bar
Berfungsi untuk menampilkan status dari situs web yang sedang kamu buka. Tulisan yang terdapat pada status bar dapat berubah sesuai kondisi.


C. MENDESKRIPSIKAN PENGERTIAN URL DAN HOMEPAGE

1. Mengenal URL
URL (Universal Resource Locator) adalah rangkaian karakter menurut suatu format standar tertentu, yang digunakan untuk menunjukkan alamat suatu sumber seperti dokumen dan gambar di Internet.
Secara umum, untuk melakukan penjelajahan Internet harus diketahui alamat yang dituju. Aturan penulisan alamat tersebut adalah sebagai berikut.

• Protokol → http://
• Domain → www.ilkom.fmipa.ipb.ac.id
• Directory → /06/
• Nama halaman → index.php

Aturan tersebut jika digabung akan menjadi
http://www.ilkom.fmipa.ipb.ac.id/06/index.php

Bentuk nama domain secara umum adalah
ilkom.fmipa.ipb.ac.id

Bermacam-macam tipe domain dan contoh identitas negara dapat dilihat di tabel-tabel berikut





















2. Mengenal Homepage

Homepage adalah istilah untuk menyebut halaman pertama yang akan kamu lihat jika sebuah situs web diakses dan merupakan suatu informasi dalam World Wide Web. Suatu homepage dapat memuat informasi mengenai apa pun.

D. MENDESKRIPSIKAN HYPERTEXT DAN HTML

1. Mengenal Hypertext

Hypertext berarti teks yang dilengkapi dengan link atau hubungan dengan tempat tujuan, link merupakan suatu unsur dari dokumen hypertext yang dapat dipilih. Hypertext merupakan informasi format teks yang umum digunakan di Internet. Sebuah sistem hypertext yang dibuat dengan baik akan dapat menangani dan menggunakan banyak antarmuka pengguna lainnya, seperti menu dan baris perintah dan dapat digunakan untuk mengakses kedua dokumen link yang dikumpulkan secara static dan aplikasi interaktif. Implementasi paling terkenal dari hypertext adalah World Wide Web.

2. Mengenal HTML

Halaman web adalah sebuah dokumen html.Artinya, untuk menulis sebuah halaman web digunakan HTML. HTML adalah suatu bahasa yang menggunakan tanda-tanda tertentu untuk menyatakan kode-kode yang harus ditafsirkan oleh browser agar halaman tersebut dapat ditampilkan dengan benar. Dokumen HTML merupakan dokumen yang ditampilkan dalam browser web surfer. Terdapat 2 cara untuk membuat suatu halaman web, yaitu dengan editor HTML atau dengan editor teks biasa, seperti notepad.

E. MENGENAL BEBERAPA SITUS YANG MENYEDIAKAN FASILITAS SEARCH ENGINE

Search Engine adalah situs khusus di internet yang dirancanag untuk membantu pengguna internet untuk menemukan informasi yang tersimpan di halaman situs lain. Dari sekian banyak search engine, yang paling populer di antaranya, yaitu:

1.Google (www.google.co.id)
Merupakan mesin pencari yang cukup terkenal untuk saat ini dan memberikan hasil yang relevan dan cepat

2.Yahoo (www.yahoo.com)
Merupakan situs search engine yang paling kaya fitur.

3.All the Web (www.alltheweb.com)
Merupakan real competitor dari situs terkemuka google.

4.Excite (www.excite.com)
Merupakan pilihan para pengguna dalam mencari data di internet.

5.Lycos (www.lycos.com)
Merupakan salah satu pelopor mesin pencari, tetap bagus, cepat, dan akurat dalam melakukan pencarian.

6.Altavista (www.altavista.com)
Merupakan mesin pencari yang banyak digunakan oleh para pesaing bisnis.


F. MENGGUNAKAN SEARCH ENGINE DALAM MENGAKSES INFORMASI DARI INTERNET

Situs search engine selalu digunakan oleh pengguna Internet untuk mencari arti atau uraian dari sebuah kata kunci.
Search engine memiliki tiga komponen penting. Pertama, elemen laba-laba (spider) yang disebut juga dengan crawler yang mengerjakan akses ke situs-situs web, membaca isinya, dan mengikuti link-link yang terdapat pada situs. Kedua, indeks, disebut juga katalog yang berisi salinan (copy) dari setiap situs yang dikunjungi elemen spider. Ketiga, software dari search engine itu sendiri, program ini memilah jutaan data dalam catalog yang berisi salinan halaman-halaman situs web dan mencocokkannya sesuai permintaan pengguna Internet dan kemudian menampilkan data ke layer monitor.

Penggunaan search engine sangat mudah dilakukan.Berikut langkah-langkah untuk meggunakan search engine Google:
1.Buka browser yang anda miliki.
2.Pada kotak addres,ketik halaman web search engine tersebut, misalnya www.google.com, lalu klik enter.
3.Pada kotak search, ketik kata kunci yang ingin dicari, kemudian tekan enter, lalu akan muncul link-link yang menyediakan yang menyediakan kata kunci yang ingin dicari.
4.Pilih link untuk informasi yang diperlukan dengan mengklik teks link tersebut.Lalu, informasi yang dipilih akan ditampilkan.

G. MENGELOLA INFORMASI YANG DIPEROLEH


1. Menyimpan Informasi

Jika kita tertarik pada webpage yang kita buka, kita dapat meyimpannya ke dalam disket, harddisk atau flash disk.Adapun cara untuk menyimpan halaman web tersebut adalah sebagai berikut:

1.Aktifkan web browser pada halaman web yang kita sukai, misalnya www.ilmukomputer.com.
2.Setelah tampilan muncul, klik file pada pull-down menu,dan pilih save as.
3.Selanjutnya akan muncul kotak dialog save web page, tentukan di mana file tersebut akan disimpan dan juga namanya.
4.Pilih tombol save untuk melakukan penyimpanan

2. Mencetak Informasi

Apabila kita ingin mencetak halaman web tersebut, dapat kita lakukan dengan cara berikut:
1.Klik menu file
2.Klik Print, maka akan tampak kotak dialog Print
3.Selanjutnya, pilih jenis printer yang terpasang lalu kemudian lalu klik tombol Print


H. MELAKUKAN DOWNLOAD FILE DAN MENENTUKAN LOKASI PENYIMPANAN

Download adalah proses pengambilan file dari komputer lain melalui internet ke komputer.

Untuk melakukan download, langah-langkahnya adalah sebagai berikut:
1.Buka browser kamu, lalu buka halaman web, misalanya www.ilmukomputer.com, pilih salah satu topik, misalanya Cepat Mahir Linux.
2.Selanjutnya, klik Download Makalah Lengkap dalam bentuk PDF.
3.Secara otomatis akan muncul jendela konfirmasi untuk melakukan download terhadap file tersebut.
4.Klik tombol save untuk memulai download file tersebut, lalu lalu tentukan folder penyimpanan, kemudian klik tombol save.
5.Kemudian muncul jendela progress download, tunggu beberapa saat sampai proses download selesai.


I. MENGIDENTIFIKASI ELEMEN-ELEMEN DALAM DOKUMEN HTML


Untuk membangun suatu situs atau halaman web, kamu terlebih dahulu harus mengerti mengenai HTML.HTML terdiri atas tag-tag yang mempunyai fungsi dan kegunaan masing-masing.Tag adalah kode yang berada di antara tanda<>. Bentuk umum suatu tag diawali dengan , kemudian teks yang akan dimasukkan, dan akan diakhiri dengan .
Setiap dokumen teridiri atas tag head dan body. Elemen head berisi informasi mengenai dokumen tersebut dan elemen body berisi teks yang sebenernya atau isi dari dokumen tersebut, tersusun atas link, grafik, dan elemen lainnya.
Setiap dokumen HTML harus mempunyai pola dasar sebagai berikut

Setiap dokumen HTML harus diawali dengan menuliskan tag dan di akhir dokumennya sebagai penanda bahwa dokumen tersebut adalah dokumen HTML. Elemen head ditandai dengan tag di awal dan di akhir. Elemen ini berisi informasi mengenai dokumen HTML. Minimal informasi yang ditampilkan dalam elemen ini adalah judul dari dokumen. Judul ini akan ditampilkan pada caption bar dari window browser, ditandai dengan menggunakan tag . Elemen body ditandai dengan tag di awal dan diakhiri . Elemen body merupakan elemen terbesar dalam dokumen HTML. Elemen ini berisi dokumen yang akan ditampilkan pada browser, meliputi grafik, link, tabel, dan elemen lainnya.
 
BAB 1.
MENGENAL PERANGKAT KERAS YANG DIGUNAKAN DALAM AKSES INTERNET.
PENDAHULUAN

Istilah internet berasal dari bahasa latin, yang bearti " antara ", jadi internet berarti jaringan antara atau penghubung.
Fungsi internet : menghubungkan berbagai jaringan yang tidak saling bergantung satu sama lain, sehingga dapat saling berkomunikasi diseluruh dunia ( tanpa bergantung pada jenis komputernya )

Cara mengakses internet :
1. Sabungan langsung ke Jaringan
Kamu dapat menggunakan sebuah computer yang secara langsung mempunyai hubungan ke internet
2. Sambungan dengan menggunakan SLIP/PPP
Untuk menghubungkan dial-up telepon, kamu memerlukan modem ( modulator demodulator ). Modulator : alat untuk mengkonversi sinyal digital ke sinyal analog.
Demodulator : alat untuk mengkonversi sinyal analog ke sinyal digital
3. Sambungan langsung ke Online Service seperti BBS daan Compurserve
Kamu perlu mengadakan perjanjian dengan sebuah host Internet yang lain yang bertindak sebagai titik hubungan. Selanjutnya, diperlukan sejumlah program yang disebut sebagai PPP ( Point to Point Protocol ) dan SLIP ( Serial Line Internet Protocol ) dalam workstation. Setelah workstation menghubungi host internet melalui jalur telepon, PPP menyediakan kemampuan TCP/IP untuk workstation tersebut.
A. KONSEP INTERNET
Internet adalah kumpulan atau jaringan dari jaringan komputer yang terdapat di seluruh dunia. Satu komputer dapat terhubung dengan komputer lainnya jika komputer tersebut terhubung dalam satu jaringan dengan computer lainnya.
1. Sejarah internet
Sebelum terdapat internet, ARPAnet (US Defense Advanced Research Projects Agency) atau Departemen Pertahanan Amerika pada tahun1969 membuat jaringan komputer yang tersebar untuk menghindari terjadinya informasi terpusat. Selanjutnya digunakan oleh kalangan akademis (UCLA) untuk keperluan penelitian dan pemgembangan teknologi.
2. Prinsip koneksi
Cara yang dapat digunakan untuk dapat terhubung dengan internet, antara lain menggunakan gelombang radio, saluran tv kabel, jaringan telepon atau telepon genggam dan dengan memanfaatkan layanan yang disediakan perusahaan penyedia akses internet yang disebut dengan Internet Service Provider (ISP).
3. Kegunaan Internet
· Informasi yang diperoleh lebih cepat dan murah dengan berbagai aplikasi yang tersedia
· Mengurangi biaya kertas dan biaya industri
· Sebagai media promosi
· Komunikasi interaktif
· Sebagai alat research and development
· Pertukaran data
4. Pertumbuhan Internet
· 3 juta host sudah terkoneksi diakhir tahun 1994
· Populasi 30 juta pengguna (tahun 1995)
· Pertumbuhan 10% tiap bulan

B. MENDESKRIPSIKAN FUNGSI PERANGKAT KERAS YANG DIGUNAKAN UNTUK AKSES INTERNET

1. Perangkat Komputer Pribadi (Personal Computer)
Spesifikasi minimal komputer yang dapat digunakan untuk alses internet yaitu, seperangkat komputer dengan processor Pentium atau setaranya minimal Pentium 133 MHz, didukung RAM berkecepatan 32 MB dan harddisk berkapasitas cukup besar.
2. Modem (Modulator Demudolator)
Modem adalah perangkat yang saat ini paling banyak digunakan untuk melakukan koneksi ke Internet, khususnya melaui saluran telepon yang digunakan untuk mengubah sinyal analaog menjadi digital dan sebaliknya. Kecepatan sebuah modem diukur dengan satuan bps (bit per second) atau kbps (kilo bit per second). Modem 56,6 kbps biasanya sangat jarang mencapai kecepatan puncaknya. Umumnya koneksi tercepat yang dapat yang dapat dicapai melalui saluran telepon konvensional adalah 30-45 kbps.
2.1. Cara instalasi dan setting modem pada Windows XP:
· Pastikan dalam komputermu sudah terinstal sistem operasi Windows XP dan berjalan dengan baik
· Pastikan bahwa sudah terpasanag sebuah modem pada komputermu
· Pastikan bahwa kamu sudah mempunyai minimal sebuah saluran telepon
· Hubungkan modem dalam komputer kamu dengan saluran telepon
· Nyalakan komputer kamu
· Klik tombol start pada taskbar. Selanjutnya, pilih Control Panel yang akan menampilkan jendela Control Panel
· Pilih Network Internet Connections pada jendela Control Panel
· Selanjutnya, akan ditampilkan jendela Network and Internet Connections. Klik Network Connection.
· Selanjutnya, akan ditampilkan jendela Network Connections. Klik Create a New Connections pada Network Task di jendela sebelah kiri.
· Jendela New Connections Wizard akan ditampilkan kemudian tekan tombol Next
· Selanjutnya, pilih Connect to the Internet pada pilihan Network Connection Type kemudian tekan tombol Next
· Pilih Set up my connection manually pada pilihan Getting Ready kemudian tekan tombol Next
· Pilih Connect using a dial-up modem pada pilihan Internet Connection kemudian tekan tombol Next
· Pilih modem yang digunakan, kemudian tekan tombol Next
· Masukkan nama ISP di bawah kolom ISP Name. Sebagai contoh, kita akan menggunakan nama ”Telkomnnet Instan”
· Selanjutnya, masukkan nomor telepon untuk dial ke ISP tersebut. Sebagai contoh, masukkan nomor telepon ”080989999”
· Masukkan username dan password pada kotak user name, password, dan confirm password.
· Aktifkan kotak ceklis Ass a shortcut to this connection to my desktop, kemudian tekan timbol Finish untuk menyelesaikan proses pembuatan koneksi. Sebuah shortcut untuk koneksi tersebut ditampilkan pada desktop komputermu
2.2. Melakukan Koneksi ke Internet
· Tampilkan desktop komputer kamu
· Mialnya kamu sudah membangun sebuah koneksi internet melalui ISP bernama Telkomnet Instan, maka klik dua kali pada ikon koneksi Telkomnet Instan pada dekstop komputer kamu. Selanjutnya, akan ditampilkan jendela Connect Telkomnet Instan
· Tekan tombol Dial, kemudian tunggu beberapa saat. Pada saat proses koneksi, akan ditampilkan jendela dialin, registering, dan verifikasi username, dan password
· Ketika proses koneksi dengan internet berhasil dilakukan, biasanya akan muncul sebuah pesan di pojok kanan bawah layar monitor kamu
· Setelah koneksi berhasil, kamu dapat menggunakan Internet untuk memperoleh informasi yang dibutuhkan
2.3. Memutus Koneksi dengan Internet
· Tampilkan dekstop komputer kamu
· Tekan dua kali ikon Telkomnet, maka akan ditampilkan jendela Telkonet Instan Status
· Selanjutnya, tekan tombol Disconnect
3. Saluran telepon
Saluran telepon dapat digunakan untuk menghubungkan computer dengan Internet melalui perangkat modem. Kita dapat langsung mengakses Internet menggunakan modem dial-up dan saluran telepon, misalnya menggunakan internet dari Telkomnet Instan yang dapat digunakan langsung tanpa daftar terlebih dahulu. Dapat juga dengan cara mendaftarkan ke ISP seperti CBN, Centrin , Bitnet dll atau dapat juga menggunakan TV kabel dengan modem kabel.
4. Perangkat Lunak (software)
Terdapat beberapa software yang dapat digunakan untuk mengakses Internet, antara lain Internet Eksplorer dan Netscape Navigator.
5. Internet Service Provider (ISP)
Untuk berlangganan kita haru menghubungi penyedia jasa internet ( provider ) yang terdekat.
C. MENDESKRIPSIKAN PERAN INTERNET SERVICE PROVIDER ( ISP )
Internet Service Provider (ISP) adalah suatu perusahaan yang berperan menyediakan jasa layanan akses internet baik untuk kepentingan pribdi maupun perusahaan. Terdapat berbagai jeni layanan yang disediakan oleh ISP:
1. Dial-up
Merupakan layanan yang disediakan untuk para pengguna Internet yang ingin menggunakan akses melalui kabel telepon yang didukung oleh modem.
2. Hotspot
Merupakan layanan untuk pengguna yang membutuhkan koneksi Internte pada lokasi-lokasi tertentu seperti di mal, kafe dan bandara
3. Mobile Access
Merupakan salah satu layanan akses Internet yang daoat diperoleh secara mudah dan praktis melalui perangkat telepon genggam (handphone), sehingga dapat menggunakan Internet dimana pun kamu berada, selama masih dalam daerah cakupan (coverage area) dari operator relepon genggam (handphone)
4. Wireless
Merupakan layanan Internet dengan menggunakan teknologi tanpa kabel
5. Dedicated Connection
Dedicated Connection terhubung scecara terus-menerus selama 24 jam setiap hari dan 7 hari dalam seminggu. Pada umumnya digunakan untuk mengakses Internet melalui fiber optic, jaringan TV, kabel, satelit, dan telepon rumah.
D. MENDESKRIPSIKAN USER ID DAN PASSWORD
Account merupakan identifikasi yang didaftarkan ke penyelenggara penyedia jasa layanan, sehingga sebuah komputer dapat mendapatkan berbagai layanan yang disediakan. Setidaknya, informasi yang kamu miliki adalah username dan password. Username atau ID merupakan nama login kamu, sedangkan password merupakan kode rahasia kamu.
 
 
 

No comments:

Post a Comment